Rabu, 24 Februari 2010

Penggunaan Handphone dan Internet di Desa

Penggunaan Handphone (HP)

Pada masa saat ini Handphone atau yang biasa kita sebut dengan HP sudah sangat berkembang pesat di sekitar kita.Bukan hanya buat penduduk di kota-kota besar saja, tapi juga pada masyarakat kota-kota kecil dan juga masyarakat pedesaan.
Akses menggunakan handphone meningkatkan standar kehidupan banyak penduduk desa dan dengan demikian membantu perkembangan ekonomi negara yang bersangkutan.

Handphone membantu para pedagang kecil dalam bisnis perdagangan mereka, bagi para petani membantu mereka dalam informasi tentang harga pasar, sementara bagi para pengusaha memungkinkan perbaikan prestasi di berbagai bidang usahanya. Handphone berfungsi sebagai katalisator dan membantu seseorang meningkatkan produktivitasnya sendiri.
Oleh sebab itu, meningkatnya jumlah telefon seluler secara keseluruhan memiliki pengaruh positif bagi perekonomian.

Dalam beberapa tahun terakhir, tarif penggunaan telefon dan harga telefon genggam menurun. Ini membuat semakin banyak orang mampu memilikinya. Telefon seluler mencegah terjadinya jurang digital antara warga miskin dan kaya.Telefon seluler memungkinkan masyarakat miskin mendapat akses terhadap teknologi informasi modern.

Menurut Syed Yamin Bakht (Juru bicara Grameenphone, anak perusahaan Grameen Bank), Kecenderungan di masa depan adalah semakin banyak orang di kawasan ini yang memperoleh hubungan internet lewat telefon genggam. Dan itu akan lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan media komunikasi yang lain. Sebab orang-orang lebih membutuhkan telefon seluler daripada komputer. Dan banyak orang yang tidak akan mampu memiliki keduanya. Oleh karenanya mereka akan memilih handphone dan dengan begitu mendapat akses ke internet.
Dengan perlengkapan sarana komunikasi tersebut, masyarakat di pedesaan akan dapat berpartisipasi lebih besar pada perkembangan ekonomi negaranya.

Penggunaan Internet


Pada masa sekarang ini internet adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat membantu berbagai hal dalam kehidupan. Internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Internet menjadi sumber inspirasi bahkan menjadi sumber rezeki. Internet juga merupakan Sarana Komunikasi yang sangat penting. Dengan internet semua kegiatan dalam kehidupan Manusia bisa dilakukan lebih cepat, lebih tepat, lebih terarah dan lebih sempurna. Dengan Internet, penggunaan waktu, dan biaya dapat lebih effesien. Internet juga digunakan sebagai tempat mencari sahabat. Dengan internet Dunia seakan menjadi lebih kecil. Jika kita telusuri perkembangan Internet dari awalnya sampai masa sekarang ini sagnat jauh lebih maju.

Sebelum era sekarang ini, Internet hanya dikenal oleh orang – orang di negara maju. Kemudian berkembang ke berbagai negara, namun tetap di daerah – daerah maju yang pastinya di Kota – kota besar, karena keberadaan internet sangat erat hubungannya dengan keberadaan pesawat Telpon dan Komputer berarti sangat tergantung pada jaringan Telpon. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa sarana Internet menggunakan peralatan – peralatan yang mahal, dengan kata lain mengoperasikan fasilitas Internet memerlukan biaya tinggi. Hal itu juga yang menyebabkan pada awalnya internet hanya dikenal dan dapat dinikmati oleh orang – orang di Kota – kota dan oleh oang – orang dengan ekonomi menengah keatas Kalaupun ada di daerah – daerah tertentu jumlahnya tidak banyak, karena memang pada awalnya harga peralatan untuk membangun sarana internet sangat mahal, demikian juga biaya penggunaannya. Di atas Tahun1980-an, internet sudah mulai berkembang di kota – kota kecil. Hal ini seiring dengan perkembangan pesawat telpon dan Komputer yang mulai memasuki kota – kota kecil bahkan beberapa diantaranya sampai tingkat kecamatan. Perkembangan Internet pada awalnya menggunakan kabel yang berhubungan dengan jaringan Telpon Kabel. Untuk dapat memasuki jaringan internet harus menggunakan alat tambahan berupa Modem. Modem adalah sejenis alat untuk menghubungkan Komputer dengan Internet. Alat – alat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet menggunakan jaringan telpon kabel antara lain : – Unit Komputer dan kabel penghubung ke Modem – Modem dengan kabel penghubung ke jaringan telpon – Mempunyai jaringan Telpon, sedangkan fasilitas untuk dapat berhubungan dengan Internet adalah : – Mendaftarkan pada penyedia layanan tertentu – Membayar biaya setiap bulan. Pembayaran dapat dilakukan dengan beerbagai cara.Inilah alat utama untuk dapat berinteraksi dengan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar